Diposkan pada Tips

Pengalaman Asik Jadi Master Of Ceremony

Dark Blue with Neon Confetti Birthday Instagram

Apa kalian pernah menjadi Master Of Ceremony? atau sering kita dengar dengan sebutan MC? 

Mungkin pertanyaan diatas menjadi pembuka tulisan, jika kalian menjawab “iya” menjadi MC apa yang pernah kalian lakukan? Bagaimana perasaanya waktu pertama kali menjadi MC?

Pertanyaan-pertanyaan diatas adalah pertanyaan yang sering kita dengar ketika orang menanyakan kepada kita tentang pengalaman menjadi Master Of Ceremony atau MC.

Ketika kalian melihat seorang MC membawakan acara, pasti kalian ingin juga menjadi mereka. Pandai bebicara di depan umum, dan berani berbicara didepan orang banyak, mungkin bukan saya saja yang berfikiran seperti ini. Kalian para pembaca tulisan ini pasti pernah berfikiran sama dengan saya. Saya ingin sekali berani berbicara di depan umum, dilihat oleh orang-orang dan diberi tepuk tangan. Simple alesan saya ingin menjadi MC sebenarnya.

Disini saya ingin sharing pengalaman saya menjadi MC sewaktu kuliah beberapa yang saya ingat dan ada bukti fisik fotonya, dan ada beberapa yang lupa hehehe . Tidak banyak semoga bisa menjadi menginspirasi kalian semua para pembaca.

  1. MC Launcing dan Bedah Buku : Sistem Politik Indonesia

anatria-1521430569349[1]

Waktu pertama kali latihan MC sangatlah kacau. Otak kita berdua memang lagi kemana-mana . Awalnya membangun sebuah kekompakan itu sulit. Dengan tahap awal kita berbicara satu sama lain mengenai masalah yang kita punya. Bukan untuk mengenal satu sama lain tapi lebih mereflesikan otak kita. Menjadi patner yang kompak bukan lah prihal yang mudah menurut saya pribadi. Menyatukan suara pun sangatlah sulit.Tetapi saya memiliki teman teman dari sospem A yang sangat perduli kita. Dan memotivasi kita untuk menjadi lebih baik. Kami akui banyak sekali kekurangan dan ini merupakan sebuah pembelajaran bagi kami berdua. Terimakasih pembelajaran berharganya fajar dan buat sospem A dengan acara yang luar biasanya.

Acara kita sukses.

Semangat buat acara acara selanjutnya .

2. MC LOPMA : LOMBA PIDATO MAHASISWA 

anatria-1521436878199[1]

Lomba Pidato Mahasiswa Lembaga Kajian Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Kali ini menjadi MC di kandang sendiri, di Lembaga Kajian Mahasiswa tempat saya berproses sampe saat ini. Pertama kali MC bareng senior waktu SMA, saya banyak belajar dari dia, banyak sekali pelajaran yang bisa saya ambil ketika kenal beliau. Pertama kali masuk LKM dia berpesan dengan saya untuk berproses, dan dia bilan “gue gatau nih bakal jadi apa kalo gue ga kenal LKM, gue bakal jadi mahasiswa kupu-kupu  yang tidak jelas” hal tersebut membuat saya berfikir untuk berkembang menjadi lebih baik. Foto sama senior waktu SMA sekarang kita dipertemukan lagi dan alhamdulilah dikasih waktu buat kerja bareng lagi. Ayo Semangat !!! #LKMexpo2016

3. MC CLOSING MASA PENGENALAN AKADEMIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA 2017

anatria--1521430155512[1]

Awalnya mau nyerah karna mau libur setelah kuliah. Semester ini liburnya kurang lama, jadi memutuskan mau liburan aja. Tapi hati kecil pengennya ikut kegiatan kampus terus, gatau kenapa. Bermodal nekat akhirnya ikut seleksi MC Closing MPA UNJ 2017. Nunggu lama dan sempet bete juga sama patner MC. Setiap latihan selalu dimalam hari dan lelah. Patner MC adalah pak guru jadi banyak kegiatan diluar kampus. Ke kampus malem doang dan gue mengikuti jadwal dia.

Sempet takut suara ilang grgr abis teriak2an di dufan. Tapi alhamdulilah air hangat menolongku. Tiap minum maunya hangat, stop minum es. Begitu terus diulang-ulang.Hari H harus kumpul set6. Tapi patner MC gue baru dateng jam 7an. Gue panik suruh buka acara sendiri di ribuan mahasiswa baru UNJ. Sempet nervous dan keringetan. Maklum biasanya jadi MC ga sebanyak ini audiencenya dan sekarang banyak bgt.Pengalaman berharga MC di ribuan mahasiswa baru UNJ 2017. Walaupun masih banyak yg harus diperbaiki setidaknya gue udah berani ngomong secara nonformal didepan orang banyak.Selalu bersyukur kuliah bisa gabung sama organisasi kaya Lembaga Kajian Mahasiswa. Tidak hanya ngajarin gue nulis dikoran tetapi juga ngajarin gue public speaking.

Terimakasih semua kaka kaka LKM UNJ yang selalu membantu berproses.

4. MC HUT RI KE 72 di RT.012 RW.02 Jakasampurna Bekasi Barat

anatria-1521430132489[1]

Ini adalah pengalaman menjadi MC yang terpusing. Bukan hanya susunan acara yang harus di ubah h-1 menit. Ibu ibu yang marah karna sudah lama menunggu giliran membuat MC kewalahan. Ada yg minta duluan, ada yg minta nanti aja. Tapi mayoritas minta duluan. Tak hanya itu 2 laki2 di samping2 saya masih malu dan diem aja.

Kali ini saya harus berkerja keras sendiri. Akantetapi pengalaman tidak bisa terlupakan ketika itu. Walaupun 17 Agustus sudah lewat akan tetapi semangat mereka tidak pernah pudar.

Terimakasih serangkain acara untuk merayakan 17 Agustus RT.012. Dari lomba tumpeng, lomba gaple dan catur, lomba anak anak, pawai sepeda hias dan di akhir malam puncak. Semoga tahun depan tak hanya remaja yang masih sekolah saja yang ikut menjadi panitia seluruh remaja RT.012 bisa berpartisipasi, saya sangat berharap hal itu.

Semangat semua, tampilkan yang terbaik tahun depan.

5. MC Pelatihan Public Speaking dari Awadee LPDP UNJ 

anatria--1521430102441[1]

Kali ini MC semiformal dengan senior yang udah mengudara MCnya yaitu Abang dino @ferdino_sanjaya. Beliau adalah mahasiswa S2 yang mendapatkan Beasiswa LPDP. Yap benar mendapatkan LPDP adalah salah satu impian gue untuk meraih cita cita selanjutnya dan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. .Sedikit cerita, emang kita baru ketemu dan langsung latihan jd MC. Walaupun pada awalnya ada miscom dan suara gue yg tidak keluarkan karena micnya kecil banget tapi alhamdulilah kita sudah tampil maksimal. Kak dino ngajarin banget gimana kita harus jd MC formal dan Semiformal yang baik. Gue perlu banyak belajar, belajar dan belajar. .

Calon dosen yang berasal dari Padang ini menurut saya sangat totalitas. Diselain menjadi MC dia juga harus mempersiapkan ujian komprenya untuk melanjutkan mengerjakan tesis. Semangat bang dino. .Sekedar informasi acara ini adalah acara S2 mengenai pelatihan personality dan public speaking. Gue baru sadar selama ini kesalahan dalam public speaking yang sering gue alami karna apa dan bagaimana. .

Ilmu yang gue dapatkan kemarin harus selalu gue pergunakan dengan sebaik-baiknya. Gue selalu mau ikut pelatihan public speaking ataupun sesuatu kegiatan yang menambah softskill gue. .Terimakasih kepada @ikatanawardeelpdpunj Acaranya luarbiasa pecah dan keren banget serta bermanfaat, sering sering ngadain acara yang seperti ini ya dan buat pembicara yang keren banget ibu @widya_parimita , kalo ada kelas pelatihan public speaking saya ingin mengikutinya bu. Semoga ilmu yang kalian berikan selalu memberikan manfaat bagi semua orang dan dapat dibagikan oleh yg mendaptkannya.

Ini sebagai pengalaman menjadi MC yang saya ingat, banyak pengalaman MC yang saya lupa bahkan tidak ingat sama sekali. Semua pengalaman MC yang saya dapatkan itu benar-benar ilmu bukan materi semata, bahkan semua pengalaman menjadi MC tidak pernah dibayar hanya diberi makan dan ilmu yang bermanfaat.

Semoga pengalaman MC yang saya berikan bisa bermanfaat buat kalian semua, selamat mencoba 🙂

Penulis:

karena saya mempunyai pandangan berbeda dengan dunia kalian

Tinggalkan komentar